Selasa, 28 Januari 2014

Tumis Buncis Kentang

Setelah selesai kuliah di Singapore dimana saya tidak boleh memasak di kosan (kebijakan light cooking only membuat saya malas berkreasi karena pasti bakal membuat bau kamar jika memasak aneh-aneh :). Akhirnya pulang ke Indonesia dan bertekad mencoba-coba berbagai bahan dan asal kombinasi (ha3).
Kali ini karena bingung dengan bahan yg ada di supermarket yang agak layu akhirnya saya pilih bahan yg kelihatan masih bagus di sana, buncis dan kentang.

Catatan ini saya buat sebagai pengingat kalau-kalau saya lupa/ kehabisan ide lagi :).
Semua takaran saya main kira-kira. Untuk masakan saya kurang bisa exact (beda halnya ketika saya di lab haha)

Bumbu yang dibutuhkan: 
1. bawang merah (4-5)
2. bawang putih (3-4)
3. cabe keriting (2 - karena suami tidak terlalu suka pedas, opposite dg saya :)
4. gula pasir dan garam secukupnya 

5. gula jawa secukupnya (ini optional saja, karena kebetulan saya beli dan ingin mencoba, maka saya gunakan)
6. minyak goreng

Bahan utama:
1. buncis 

2. kentang 1 (kira-kira beratnya 150 gr)
3. baso  
4. tomat 

Persiapan
1. iris-iris bawang merah, bawang putih, cabe keriting 

2. potong buncis 0.7-1 cm-an
3. kupas dan potong dadu kentang
4. iris baso (prefer di iris agar keliahatan banyak dan irit :)

5. iris tomat


Cara 
1. tuang minyak goreng, tumis bawang merah, bw puting dan cabe keriting
2. tuang segelas air
3. masukan kentang, buncis dan baso

4. masukan garam, gula pasir secukupnya.
5. masukan gula jawa secukupnya. icip

6. tomat dimasukkan terakhir (jika menyukai tomat yg lebih lembek, bisa dimasukkan lebih awal)

Siap dihidangkan


 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar