Selasa, 02 Oktober 2012

Tumisan dan Rice Cooker

Oh My Alloh...sungguh teramat jarang (kayanya ga pernah deh) saya posting tulisan dengan judul masakan dan alat masak! Yup, roda itu bundar kawan, darah itu merah Jenderal! -oke, the last one, ane mulai random haha sindrom mid ni :D.

Saya dulunya ngandelin masakan ibu, atawa jajan di luar, dan ga pernah masak sama sekali (kecuali mie sama air :p), kali ini diharuskan berhemat di negeri orang dengan nilai dolar yang makin menggila terhadap rupiah -_____-" ...masak is one of the Golden Ways (Mario Teguh kaliii :D) to irit! Tapi langkah memasak ini lumayan juga buat persiapan masakin suami tar kalo udah pulang ke Indo hihihi..sekali tembak 3 ikan ktusuk (mulai random lagi ni yang nulis-fiuhh).

Kenapa saya kasih judul Tumisan? Yep...karena ini adalah tumisan saya yang PERTAMA kali di negeri orang dan tumisan PERTAMA yang saya buat dengan penuh kesadaran tanpa ibu yang nyuruh ato tanpa embel2 buat nyari nilai pelajaran tata boga jaman SMP dulu. Kenapa Rice Cooker? Karena saya anak kost-haha! (bedakan ketawa ama nangis ya)

Oke...tumisan pertama saya ga tau apa namanya, pokoknya itu bahannya:
1. sayur ijo2an 
(sumpeh saya bingung ini nama indonya apa, asal nemu di swalayan, tulisannya si pake huruf latin, tapi namanya nama China, asal kliatan ijo dan kayanya bisa dimasak, jadi saya embat aja, trial n error lah :D)
2. wortel 
(buat nyegerin pemandangan, ada ijo, ada merah hihihi, biar indah, dan bergizi dong -haiah)
3. fishball alias bakso
(soalnya saya bosen nggodok telor tiap hari, makanya saya campurin bakso :p)
4.cabe merah gede 
(ini karena waktu di swalayan ga nemu cabe rawit jadi ya asal comot cabe gede aje dah)
5. bawang merah (4 siung), bawang putih (3 siung), gula pasir (ga punya gula laen sih hehe), garam, merica halus (selera aja ini mah, saya sukanya asal campur -yang penting bisa dimakan :p)
6. minyak sayur/minyak goreng, pokoknya yg bisa buat numis
7. air


Oke..saatnya bereksperimen di kamar kost hahah *evilsmirk* sambil ngadep contekan di laptop!
  1. iris2 (cincang jg boleh - saya mah cari cepetnya aja) bawang merah, bawang putih, cabe 
  2. potong wortel bentuk korek api (ini bahasanya blog sebelah hihihi - soalnnya modal masak saya emg contekan internet punya :p)
  3. potong2 sayur ijo2an 3 cm-an (sebenernya tergantung selera aja sih)
  4. iris2 bakso (terserah mo dibentuk gimana, kalo saya sih kaya kepingan duit receh gitu biar dapet banyak irisan hihih, maklum anak kost)
  5. colokin rice cooker, panaskan minyak 3 sendok (bisa disesuaikan takarannya), tekan tombol 'cook' (pake rice cooker sih :)
  6. masukin bawang merah, bawang putih, tekan tombol cook lagi
  7. tunggu sampe bau wangi, masukin cabe...tekan tombol cook lagi
  8. tunggu sampe wangi...masukin dikit air, saya waktu itu sih pake feeling aja, 1 cup takaran rice cooker itu tuh :p, tp disesuaikan dengan banyak bahan juga
  9. tunggu sampe mendidih..jangan lupa..tekan tombol cook haha
  10. masukin wortel, sayur ijo2an (kalo mau sayur ijo2annya rada crunchy, bisa dimasukin belakangan)
  11. masukin garam, gula, merica halus
  12. diicip2...kalo krasa pas di lidah...oke..tinggal tunggu bentar..and done!
That's it...voila...tumisan dengan rice cooker udah siap disantap :D...saking ga ada wadah..yang ada cuma tupperware dan itupun udah buat wadah nasi dan bumbu haha, akhirnya...diwadahin ginian dah si tumisan pertama saya:

Alhamdulillah...buat amatir yang notabene juaranggg masak (ga pernah kaliii -.-')..rasanya...wiwww...nyum nyum...#jiahh muji diri :D
Ya...buat sesama anak kost yang mo nyobain ...silaken! Salam anak kost! ^^v






Tidak ada komentar:

Posting Komentar