Rabu, 12 September 2012

Orientation Day - NUS episode

July 25, 2012


Hari ke dua saya berada di Tumasik (orang sini nyebutnya Temasek) - alias Singapore dan sekaligus pertama kali dalam hidup saya menginjakkan kaki ke salah satu universitas terbaik di Singapore...NUS! Wew, rasanya...bingung! :p

Sebenernya saya mo nulis: fantastis! Tapi memang bingung lebih mendominasi- haha. Mulai dari berangkat ke kampus naik bus jalur berapa, nyegatnya di mana, turun di mana, tiketnya gimana. Yah intinya - tanya! Iyah, mulai dari bu kos, sopir busnya (really helpful :), sampe orang2 di jalan saya tanyain semua dah tu :D. Yang paling parah adalah bahwa saya ga punya duit receh buat naek bus dan waktu itu saya belum beli EZlink (kartu elektronik/ tiket elektronik Singapore gitu). 
Jadi, recehan 2 dolaran saya udah ga ada di dompet, tinggal 5 dolar paling kecil dan....sopir kekeuh marikeuh...intinya 'lu ga punya duit receh, duit 5 dolar lu masukin ke kotak itu'. Aigoo...5 dollar means a lot buat anak kos :D. AKhirnya saya beranikan diri tukar receh ke salah satu passanger di bus (orang India). Guess what?! Si Bapak, ngasi receh tanpa mau saya tukar duit (kali muka saya melas banget yak). Ya apapun itu, saya anggep rejeki Ramadhan dan pertolongan dari-Nya ^^.

At last, sampe kampus! Sampe kampus pun saya masi harus nanya sana sini, gimana ga? Kompleks NUS nan guede gitu, nyari yang namanya LT 27. Untungnya, sekali lagi, orang Singapore baik2 euy. Tinggal nanya dan..ketemu!
Ya, walo telat, at least masih dapat kesempatan liat seperti apa Orientation untuk International Student. Yang paling saya ingat ada sesi presentasi dari konselor psikologi, librarian, dan sedikit sneak peak performance dari Mahasiswa Indonesia untuk pertunjukan kebudayaan mereka, Oktober nanti (yeay! you go girls!)
Pertanyaannya kenapa sesi konselor psikologi di urutan pertama yg saya ingat? 
- karena presentatornya (konselor senior), lucu banget (of course this will attrack any audiences :), dia menghidupkan suasana di ruangan by giving us a simple game, tapi yg paling saya ingat adalah: dia bilang 'have a life' lalu dilanjut 'kalo kalian ada masalah bisa konsultasi dengan kami, kami pernah ada mahasiswa yang pengen BUNUH DIRI, bla bla bla...' 

Oke..sampe sini saya mulai rada kriik...apa tingkat stress di sini sedemikiannya sehingga...haduh, pikiran saya udah macem2 waktu itu >.< But then, it the presentation was ended well 

Presentasi Librarian NUS juga keren, baru kali ini saya nemu librarian interaktif banget kaya gini, gaol pisan! Dia bilang: "library is ur number 1 best friend", kalo kalian punya temen laen, dia cm jadi nomer 2 ato sekian -haha, the way she said it was so funny! 
Informasi librarian ini sangat membantu banget ternyata, dari orientation ini saya jadi tahu, ada semacam open house library di NUS untuk freshmen ato new students gitu. Dan kerennya, ada training penggunaan search engine untuk library di sini plus penggunaan software EndNote yg sangat membantu buat sitasi tulisan dan semacamnya (coba googling EndNote, you'll get what i mean) . Sumpah..library NUS itu keren banget! Koleksinya buanyak, ga cuma yang ada di rak, e-resourcenya..wow! Dan saya terperangah dengan dedikasi librariannya yang selalu 'on' buat kita. Chat online nanyain hal berkaitan dengan lib, pasti mereka jawab. Trus sistem peminjaman, dsb, sangat rapi dan sistematis!
Oke, kayanya kalo cerita soal lib di sini saya bakal ga jadi cerita presentasi ke 3 :)

Well, presentasi ke3 ini adalah dari mahasiswa Indonesia yang bakal ngadain pertunjukan budaya Oktober nanti, judulnya Canting, ceritanya tentang keluarga pembatik gitu..nah ini ada sedikit poto waktu mahasiswa kasi tunjuk tarian untuk Canting.


Nah, kalo suasana pas orientasi di ruangan kaya gini ni

Sebenernya bentuk orientasi untuk mahasiswa international ga cuma di ruangan doang, ada city tour juga..tapiiiiiiiii....peminatnya buanyakkk dan musti registrasi dulu kalo mo ikut...alhasil..wassalam deh, huhuhu..ga dapet slot.
But it's ok, at least masi sempet ikutan Singapore Night :)
Kaya gimana Singapore Nightnya? Next time maybe ...hihihi...yang nulis teler pulang kuliah malem :D



Tidak ada komentar:

Posting Komentar