Selasa, 14 Agustus 2012


Ramadan kali ini terasa berbeda dari tahun sebelumnya..Jika 2 tahun lalu awal pekan bulan ramadan saya nikmati di Bandung dan kemudian masih sempat, bisa dan dijinkan pulang ke Jogja. Tidak dengan kali ini. Mulai dari hari ke-4 (tanggal 24 Juli 2012) lalu, officially live in Singapore, ya walau hanya untuk melanjutkan kuliah sebentar (aminnnn!!! semoga cepet lulus :D).
Sungguh berbeda sekali dengan suasana ramadan yang ada di Indonesia, mulai dari masakannya, terus terang walau di iklan pariwisata negeri ini membanggakan 'spicy food'nya..namun tetap saja, lidah ini merasa bumbunya kurang maknyoss, kurang nendang (bola kali:p). Selain itu juga, akses ke tempat ibadah (masjid), tidak semerdeka di Indonesia, di mana tiap jarak berapa meter kita sudah bisa melenggang melaksanakan ibadah dengan mudah. Alhamdulillah!



Hal yang membuat saya rada malas keluar rumah adalah karena saya musti merencanakan, nanti ketika keluar, maka harus tahu berapa lama di jalan (public transportation -plus jalan kakinya T.T- singapore emg yahud dah bagian transport ini), di tempat tujuan untuk apa dan berapa lama, karena hal ini berkaitan dengan waktu sholat. Nah, otomatis saya juga musti tahu tempat sholat di sekitar situ. Ya, walau ada pilihan sholat di staircase landing (biasanya kalo ga ada mushola/masjid memang sholatnya di staircase ini), tapi gimanapun lebih nyaman di mushola/masjid hehe.



Ketika pertama kali masuk kuliah (which was this evening haha), saya rada mumet nyari tempat wudhu karena memang rest area untuk wanita tidak berada di semua lantai seperti halnya di Indo yang toiletnya dapat dengan mudah dijumpai selalu berdampingan antara toilet pria dan wanita. Ini mah engga...toilet pria di sebelah mana, yg wanitanya sebelah mana. Plus, kompleks fakultas yang begitu besar (susah hafal tata letak :D) dan waktu sholat magrib yang udah mepet (nungguin dosen ngasih break ternyata ga jadi2 break jg -fiuhh- akhirnya cabut dari kelas duluan hehe). 



Alhamdulillah, akhirnya sholat di lorong deket lecture theather :D.
Yep, apapun itu, bersyukur masih bisa menemui ramadan kali ini walau tanpa keluarga...dan tidak bisa pulang saat lebaran :(.


x

Tidak ada komentar:

Posting Komentar